
ProTa Pemrograman Dasar
Program Tahunan (Prota) Pemrograman Dasar
ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 dan digunakan oleh sekolah kami
sebagai perintis Kurikulum 2013. Berat memang menjalankan kurikulum 2013
tetapi setelah semua berjalan akan terbiasa dan bukanlah menjadi suatu
hal yang sulit lagi. Prota Pemrograman Dasar ini berguna bagi siswa kelas X dan merupakan Program Tahunan Paket Keahlian Multimedia KElas X Semester 1 dan Semester 2.
No. Dokumen |
: F751/WKS1.04 |
Revisi Ke |
: - |
Tgl Berlaku |
: 26/07/2010 |
Halaman |
: 1/1 |
Nama File |
: F751-WKS1-04.doc |
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN |
: PEMROGRAMAN DASAR |
KELAS / SEMESTER |
: X / GASAL dan GENAP |
BIDANG KEAHLIAN |
: TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI |
PROGRAM KEAHLIAN |
: TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA |
KOMPETENSI KEAHLIAN |
: MULTIMEDIA |
TAHUN PELAJARAN |
: 2014/2015 |
Semester GASAL
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
- Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
- Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan Pelbagai sumber energi di alam.
- Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
- Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
- Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
- Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|
- Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik
untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
3.1. Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman.
4.1. Menggunakan algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan
|
16 JP
|
-
Memahami struktur algoritma serta menganalisis data dalam suatu algoritma percabangan
4.2. Menggunakan algoritma percabangan untuk memecahkan permasalahan
|
12 JP
|
- Memahami struktur algoritma serta menganalisa data dalam suatu algoritma perulangan
- Memecahkan permasalahan dengan algoritma perulangan
|
12 JP
|
Semester GENAP
Kompetensi Inti |
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
- Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
- Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan Pelbagai sumber energi di alam.
- Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
- Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
- Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
- Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|
-
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik
untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
- Menerapkan bahasa pemrograman
- Mengolah algoritma ke dalam bentuk kode program komputer
|
8 JP
|
- Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
- Mengolah data menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi.
|
4 JP
|
- Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
- Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol percabangan
|
8 JP
|
- Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman.
- Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol perulangan.
|
8 JP
|
- Menerapkan keseluruhan konsep algoritma dalam penyelesaian masalah kompleks
- Menganalisa kesalahan dalam program
|
8 JP
|
Ketua Kompetensi Keahlian
Multimedia
Andi Saputro, S.Kom.
NIP. 19821113.201101.1.005
Sumber : http://saterlat.com/index.php/prota-pemrograman-dasar.html
|
|
Karanganyar, 14 Juli 2014
Guru
Andi Saputro, S.Kom.
NIP. 19821113.201101.1.005
|
Spread The Love, Share Our Article
No Response to "Prota Pemrograman Dasar"
Posting Komentar
Selamat Mencoba :)